Special for Baby...

Thursday, July 24, 2008

Anak didikku belum lancar membaca...

Salam kenal,

Saya Dwi (28th) mempunyai anak didik kelas 4 SD, anak tersebut msh mempunyai kesulitan membaca (belum lancar). Dan kalaupun dia membaca masih tidak mengerti apa yang dibacanya, sehingga sampai sekarangpun saya merasa kesulitan mengajari apabila ada tugas esai dari sekolah.

Mohon bantuannya apa yang mesti saya lakukan untuk membantu anak tersebut supaya dia dapat membaca dengan lancar dan mengerti apa yang dibacanya. Oh ya dia mempunyai kesulitan dalam membaca huruf b karena selalu dibaca huruf p, dan huruf r dibaca huruf l, huruf ng/ny selalu dibaca tanpa n (contoh : menanyakan dibaca menayakan).

Kalaupun didikte selalu aja ada huruf yang kurang, dan selalu kesulitan u/ membaca tulisannya sendiri.

Demikian permasalahan saya, terima kasih atas bantuannya.
Terima kasih.

Jawaban:
Terima kasih atas kepercayan ibu Dwi pada saya. Dari cerita ibu Dwi, tampaknya anak didik ibu mengalami problem, yaitu kelas 4 SD tapi kemampuan membacanya masih kurang ditambah lagi dengan tidak mampu membedakan hurup "p" dengan "b" atau hurup"ng/ny" selalu tertinggal hurup "n" nya, belum lagi pemahamannya masih kurang. Sangat disayangkan baru terdeteksi sesudah anak kelas 4 SD yang mana pelajaran sudah lebih tinggi dibanding kelas sebelumnya. Dengan keadaan ini anak bisa frustrasi dalam membaca, karena memang kemampuannya belum sampai pada tingkat pemahaman. Begitu juga dengan ibu Dwi yang mungkin mengalami frustrasi juga dalam mengajari anak "kok tidak bisa-bisa ya?". Dari gejalanya, anak didik ibu Dwi mungkin mengalami dislexia atau gangguan membaca. Tetapi ini harus dibuktikan dengan pemeriksaan lebih lanjut. Saran saya, ibu Dwi bisa menganjurkan pada orang tua anak untuk memeriksakan diri pada Psikolog klinis anak atau psikolog pendidikan yang ada di sekolah, agar anak didik ibu Dwi dilakukan pemeriksaan. Psikolog biasanya memberi saran atau rujukanpada orang tua agar anak mengikuti terapi dengan seorang orthopedagog. Dan terapi ini adalah suatu proses yang waktunya sangat bergantung pada kondisi anak baik kondisi internal anak (IQ, motivasi belajar) dan kondisi eksternal anak (dukungan keluarga, guru, teman). Demikian saran dari saya, semoga bermanfaat.
Salam Hangat,
Nurul Khasanah, AMd. OT


No comments:


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...