Special for Baby...

Friday, December 19, 2008

Anakku takut berjalan

Ass. Selamat Siang.
Saya ayah dari Fio ( 9 bln ). Pada usia 7 bln anak saya sudah minta di titah ( berjalan dengan bantuan tangan) tetapi Fio tdk bisa merangkak. Kalau di lihat dari perkembangannya semestinya sekarang udah bisa terantanan. Tetapi tidak begitu keadaannya, sekarng masih titah terus dan Fio takut klo diajari terantanan. Dan pada waktu dia duduk sendiri, Fio inginnya selalu ada orang di sampingnya. Pernah saya ajari terantanan di kursi, tetapi Fio selalu ingin meraih tangan saya kalau tangan saya lepas dan tidak mau pegangan kursi, sepertinya Fio udah mengerti kalau takut jatuh. Bagaimana cara mengajari Fio biar bisa jalan, mengingat kalau belajar terantanan aja takut dan selau pegangan tangan saya serta pada usianya akan bertambah maka semakin bertambah mengerti kalau takut jatuh. Apakah yang dialami anak saya itu normal? Terima kasih atas perhatian dan bantuannya

Jawab:
Terimakasih pertanyaannya. Wah...saya kagum dengan para ayah yang mengamati perkembangan anaknya. Pak, perkembangan motorik kasar pada anak-anak ada patokannya. Misal: tengkurap usia 4 bulan, duduk usia 6-7 bulan, merangkak usia 8-10 bulan, dan berjalan pada usia 9-15 bulan. Jika anak-anak belum mencapai perkembangan motorik kasar pada patokan usia tersebut, mungkin ada masalah, dan perlu pemeriksaan lebih lanjut pada dokter spesialis anak bagian tumbuh kembang yang ada di kota bapak berdomisili. Perkembangan motorik anak juga tergantung gizi anak, keturunan, rangsangan dari lingkungan, dan kepercayaan diri anak. Anak bapak tidak mengalami merangkak. Apakah ia mengesot? Atau bagaimana? Perlu diketahui, bahwa anak-anak yang tidak mengalami merangkak, biasanya ada masalah di kemudian hari, misal masalah dalam hal keruangan (spasial) atau saat menulis mengalami kesulitan dalam membentuk tulisan. Menurut saya, anak bapak perlu mengikuti terapi SI (Sensori Integrasi). Silakan menghubungi klinik/pusat terapi yang ada di kota bapak. Demikian saran dari saya, semoga bermanfaat. SALAM KELUARGA INDONESIA

1 comment:

Unknown said...

salam kenal..saya tertarik dengan perkembangan motorik bayi seperti yang ibu nurul kemukakan. anak saya usia 4 bulan justru berkebalikan, beberapa minggu terakhir dia sangat senang sekali berdiri.apabila didudukkan atau dibaringkan dia justru menangis. yang ingin saya tanyakn, apakah normal kondisi demikian dan apa efeknya pada pertumbuhannya?terima kasih atas infonya.


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...