Special for Baby...

Thursday, February 19, 2009

Anak Pemalu

saya seorang ayah yang mempunyai anak perempuan berumur 8 thn dan Laki-Laki 6 thn, ke 2 anak saya bersekolah di SD, yang menjadi masalah ke 2 anak saya mempunyai sifat pemalu, sehingga dilingkungan rumah kami yang baru (kami baru pindah rumah) sudah ± 5 bulan, ke 2 anak saya belum mempunyai teman, padahal kami sebagai orang tua sudah berusaha mendoronganya untuk bermain keluar.
Bagaimana cara mengatasinya mohon bantuannya.
terima kasih.

Pak, terima kasih perhatian bapak terhadap perkembangan putra-putrinya. Saya mau tanya sama bapak: Bagaimana putra-putri di sekolah, apakah punya teman? Apakah bapak/ibu juga bersosialisasi dengan lingkungan baru? Bagaimana pengasuhan bapak/ibu pada putra-putri? Tanyakan padanya apa yang membuat dia jadi malu? Bagaimana jika mereka berkumpul dengan keluarga besar, apakah pemalu juga? Bapak, coba bantu anak dengan mengajak main ke rumah tetangga (ditemani), lalu beri kesempatan untuk berkunjung sendiri (misal mengantar makanan), sesekali anak tetangga yang diajak main ke rumah bapak, lalu main bersama. Jika anak berhasil berteman, berikan pujian pada anak, katakan padanya bahwa bapak bangga anaknya berani. Demikian saran dari saya, semoga bermanfaat. SALAM KELUARGA INDONESIA

1 comment:

Unknown said...

assalammualaikum wr wb.
salam kenal,
saya ibu 2 anak laki2, anak yang pertama berumur 5 thn 2 bln, ia msk sekolah dr setahun yg lalu,awal masuk tk A, sekarang anak saya sudah duduk di tk B, dan insya allah tahun berikutnya bisa msk SD.kendala yyg saya alami, anak saya sangat pemalu, tdk pernah ikut bernyayi dikelas, tdk mau bergerak saat berolah raga, tdk percaya diri jika diberi tugas menulis atau mewarnai sehingga tugasnya tdk dikerjakan,dia hanya menyimak kegiatan teman2nya padahal gurunya sdh sabar membimbingnya untuk tangannya mau mengerjakan tugas.hrs bagaimana saya membuat dia menjadi anak yg tdk pemalu dan percaya diri, dia sudah sangat tertinggal dgn teman2nya. padahal sudah setahun dia sekolah di sekolah tsb, guru dan teman2nya juga baik2. bagaimana mengatasinya? saya ingin anak saya normal seperti anak2 yang lain.


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...