Special for Baby...

Saturday, February 14, 2009

Cara mendidik anak yang punya keinginan kuat

Dear ibu nurul yg baik,
Saya mempunyai seorang anak laki-laki berusia 2 tahun. Anak saya enerjik, cepat belajar, periang, dan selalu menirukan apa yang dilakukan orantuanya. Akhir2 ini saya mempunyai masalah jika anak saya sudah mempunyai keinginan, kalau tidak dituruti akan menangis histeris sampai keinginannya dipenuhi. Saya sudah mencoba memberi pengertian bahwa yang diinginkannya tidak baik, sambil memberi analogi2 yg mudah dimengerti oleh anak saya. Pernah saya mencoba kasih pengertian tidak berhasil kemudian saya diamkan saja saat anak saya ingin mengambil sapu tapi ga sampai. anak saya menangis histeris sampai kurang lebih 1 jam. Akhirnya dia memeluk saya. Dihari berikutnya dia tahu kalau tidak boleh bermain sapu. Saya jelasin kalau sapu itu kotor nanti ade masuk rumah sakit lagi. Pertanyaan saya, bagaimana memberi pengertian kepada anak dengan baik tanpa membuat anak saya menangis dampai serak seperti diatas?

Trima kasih
Dini - Bekasi

Terima kasih atas kepercayaannya pada saya. Ibu, anak usia 2 tahun memang sedang menunjukkan otonomi dia, maksudanya dia mulai mampu melakukan dan menunjukan pada figur otoritas (orang tua) apa yang diinginkan dan apa yang dapat dilakukan sendiri olehnya. Yang ingin saya tanyakan adalah keinginan seperti apa yang diinginkan oleh putra ibu? Apakah keinginan tersebut membahayakan dirinya atau orang disekitar?Apakah ibu/pengasuh mempunyai kebiasaan selalu mengikuti keinginan anak, lalu ketika tidak dituruti ia menangis kemudian ibu mengikuti keinginannya?Menurut saya, jika keinginan tersebut tidak berbahaya, biarkan ia memenuhi hasrat ingin tahunya. Tetapi jika keinginannya berbahaya, lebih baik alihkan anak ke objek lain yang lebih menarik. Jika anak menangis, tenangkan dia, peluk dengan sepenuh hati. Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

No comments:


Sharing & Solution for your Children's Problem...

A Tribute to BSD City

A Tribute to BSD City
Khusus Warga BSD City

Info & Consultation

www.konsultasianak.tk

Special Need Children

Special Need Children
Only for Special Mother...